September 27, 2008

…so called Kalimantan …

Posted in Uncategorized at 3:48 am by prabandana

Berhubung deadline yang makin dekat, laporan harus dicicil dan banyak mail yang harus dibalas, aku masih sibuk sendiri dengan PC ku di sebuah follow-up meeting, ketika tiba-tiba sebuah kata langsung menarik perhatianku. “KALIMANTAN” bla bla….

JREG!!! haah?  ada cerita apa kok borneo bisa sampai sini? kepalaku langsung terasosiasi dengan Intel malaysia atau semacamnya, trus ada kerjasama di yg mengharuskan kita ke kalimantan, dsb (ya walaupun mgkn Intel itu harusnya di deket2 kuala lumpur).. ngarep banget sih? haha.. ya at least kan jadi enak pulang gitu..

No no no..

For your information..Setiap PC atau S/W project Toshiba yang masih under development, kita memakai codename yang patternnya berganti2. beberapa tahun yang lalu ketika HarryPotter booming, codename diambil dari istilah2 yang ada disana, seperti “Griffindor”, “Quidditch”. Pattern ini dihentikan karena sebuah alasan yang simpel dan masuk akal.. spellingnya minta ampun susah untuk orang jepang.

Pattern yang masih jalan sampai sekarang, codename umumnya diambil dari nama2 kota atau lokasi (termasuk objek geografis kayak sungai, dsb) di dunia. “Los angeles”, “Washington”, “Dubai”, dsb. Aku sendiri yang dapat tugas sampingan sbg “machine-kanri” (manage sirkulasi machine2 baru utk internal grup, umumnya utk testing,dsb), lebih apal codename daripada nama pasarannya.

Dan.. ya.. nama Kalimantan dipilih sebagai codename untuk sebuah project UI desktop baru Toshiba, intended for Windows7..(Maaf nda bisa cerita lebih di sini..) Agak tersentak, seruangan pada noleh dan nanya… baru kemudian mereka nyadar.. “aa .. itu di Indonesia ya? ” sejurus kemudian, yang ada malah nanya2 tempat kayak apa kalimantan.. Ya aku jelaskan aja apa adanya lah.. 😀 Baru tahu juga ternyata bahwa Bali pernah jadi codename..

aku sendiri kurang tahu juga pertimbangan khusus utk codename, mgkn random saja atau ada alasan lain yg aku kurang tahu.. Yang jelas, kredibilitas sebuah kota atau tempat yg dijadikan codename nda terlalu ngaruh ke level PC / project yg di-develop.. Sebuah seri Portege yang keren habis, misalnya, diberi nama Wengen yang aku yakin nda semua orang tahu bahwa itu sebuah tempat kecil di Swiss.. jadi aku nda terlalu kuatir ttg alasan kredibilitas kalimantan yg termasuk penghasil asap terbesar di dunia. haha. joking.. Kalimantan is nice..

dayak-ers

Yosh, at least setengah tahun kedepan, mgkn nama2 kalimantan bakal sering muncul di meeting2 internal atau eksternal…

(…walaupun mereka nda tahu dimana itu kalimantan.. dan cuman aku yang bisa mesam mesem..)

Advertisements

5 Comments »

  1. riha said,

    iseng jalan2… loh, the blog is back :D!!
    hmm mungkin di jepang, atau internationally nama borneo jauh lebih familiar daripada kalimantan ya. walo sebenernya kalimantan udah occupy 3/4 nya borneo 😛

  2. Halida said,

    wah hebat juga mereka tau kalimantan itu di Indonesia dan. coba orang amrik, pasti g tau 😀 betewe itu beneran codenamenya “kalimantan”?? bukan “borneo”? kalo orang luar kan biasanya taunya borneo..

  3. neno said,

    hehehehe.. saya orang kalimantan lho… separo :p
    ga penting mode: ON

  4. domang said,

    hai…nama saya domang saya orang kalimantan asli lho..!di kalimantan itu ada tempat yang nam

    a namanya

  5. Purple said,

    ha….ternyata selain sungai barito luas nan indah,,, palagi ci yg menarik dr kalimantan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: